0 Wikipedia adakan kompetisi menulis artikel bahasa Jawa

Date: 00.46
Category:
Author: Unknown
Share:
Responds: 0 Comment
Sebuah kompetisi tingkat nasional diselenggarakan oleh Wikipedia Indonesia. Kompetisi yang menggandeng Wikimedia Indonesia, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, IKIP PGRI Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, dan Universitas Negeri Yogyakarta ini akan dilangsungkan pada tanggal 7 Mei 2012 dan akan diakhiri pada bulan April 2013.

Kompetisi yang mempunyai tajuk Papat Limpad 2012 ini bertujuan untuk menambah artikel dalam Wikipedia Bahasa Jawa yang sampai sekarang sudah memiliki kurang lebih 37 ribu artikel. Menurut Id.Wikipedia.org, sampai bulan September 2011 lalu, Wikipedia Bahasa Jawa telah memiliki member sebanyak 10.659 orang, pengguna aktif sebanyak 39 orang, ditambah dengan pengurus sebanyak 7 orang.

Seperti yang tercantum dalam laman Wikimedia.or.id, acara Papat Limpad 2012 ini juga didukung sepenuhnya oleh Wikimedia Indonesia, Wikimedia Swiss, dan Wikimedia Perancis. Setiap pemenang kompetisi Papat Limpad 2012 ini akan memperoleh hadiah uang tunai sebesar EURO 500.

Harapan dari para penyelenggara bahwa dengan diadakannya kompetisi ini, maka generasi sekarang dan generasi selanjutnya tidak akan kehilangan rantai budaya yang selama ini semakin tergerus oleh budaya-budaya barat.
Sekarang ini, Wikipedia Bahasa Jawa atau yang juga dapat disebut sebagai bahasa Jawa ensiklopedia di dunia maya ini menggunakan berbagai ragam bahasa yang kebanyakan dipakai di pulau Jawa seperti bahasa Banyumasa, Bumiayu, Madiun, Pantura Timur, pekalongan, Semarang, Surabaya, Surakarta, sampai bahasa Jawa yang digunakan di Suriname.

Seperti penggalan dari iklan yang ada di televisi, "Kalau bukan kita (yang melestarikan budaya negara sendiri), siapa lagi?." Mari bersama budayakan budaya nasional dalam kehidupan sehari-hari.


Artikel Terkait :